Apa itu Cpanel pengertian dari Cpanel dan manfaat Cpanel untuk website atau Blog

Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Cpanel pengertian dari Cpanel dan manfaat Cpanel untuk website atau Blog.
756px-CPanel_new_logo.svg
Saya disini akan menjelaskan dengan bahasa yang semudah mungkin. Insya Allah bagi anda pengunjung situs saya dan mencari tentang info ini bisa tahu apa itu Cpanel dengan mudah.
Secara sederhana, Cpanel adalah sebuah Web hosting control panel atau secara sederhana adalah dengan adanya Cpanel, kita bisa mengatur server yang letaknya sangat jauh entah di dalam atau di luar negeri  yang dipakai untuk hosting website kita ini dengan mudah. Dimana kita bisa mengatur beberapa fungsi dari server tersebut dengan mudah. Bayangkan jikalau tanpa memakai Cpanel ini kita harus bolak-balik ke tempat server tesebut berada untuk mengatur beberapa fungsi seperti mengatur Domain atau menginstal script semacam wordpress atau Joomla.
Cpanel ini di sediakan oleh perusahaan pemilik server tersebut. Dikarenakan, Cpanel ini di instal langsung di server yang bersangkutan. Cpanel sendiri sekarang baru support dengan server berbasis os linux saja. Untuk versi windows terdapat Enkompas namun sudah di umumkan EOL karena sepi peminat. Cpanel sudah di sediakan di paket hosting yang kita beli. Jadi apabila anda membeli hosting dari pihak hosting maka anda juga akan mendapatkan Cpanel tersebut.
Feature dan manfaat Cpanel 
cpanel sutamatamasu
Manfaat :

1. Anda tidak perlu berpergian ke server yang bersangkutan yang menghosting website anda disana untuk aktivitas tertentu. Cukup hanya duduk di komputer anda dan buka browser anda.
cpanel stats
2. Mengetahui spesifikasi Server yang anda pakai. Seperti processor, Ram, Disk (yang di hosting) termasuk Load dari server yang anda pakai juga bakal bisa diakses dengan mudah.
3. Mengatur Domain yang anda pakai, mengatur File dari website yang anda pakai, mengatur databese dsb.

Fitur-Fitur dari Cpanel (ketersediaaan tergantung pihak penyedia hosting) :
Fitur Cpanel ada sekitar ratusan. Itu tergantung dari pihak hosting yang meraciknya. Secara garis besar fitur Cpanel adalah sebagai berikut :
– Preference : tersedia berbagai macam tutorial berupa video dan artikel, serta pengaturan dari Cpanel seperti merubah tema. Merubah bahasa (sekarang belum tersedia bahasa indonesia) dsb. 

– Mail : tersedia berbagai opsi yang mengatur Email pribadi yang berdasarkan Domain yang anda pakai. Biasanya juga terdapat fitur anti spam seperti Spam assasin yang di bundling di fitur ini.

–  Files : mengatur tentang File yang masuk di hosting anda. Anda bisa mengakses file yang ada di hosting anda, mengedit file hosting tersebut. Backup file yang ada di hosting anda dsb. 

– Logs : anda bisa melihat aktivitas tentang siapa saja user yang mengakses website anda, check IP dari pengunjung website anda. Memasang pasword pada folder/direktori dari file hosting anda dsb. 

– Domain : mengatur tentang Pemasangan Domain, Add-ons domain, Sub domain pengaturan DNSS dsb. 

–   Databese : mengatur tentang Databese dari website anda. Seperti databese MySQL dan PHPmyadmin. 

– Software : Cpanel juga mendukung pemasangan Script aplikasi pihak ketiga. beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut seperti diantaranya adalah Softtaculus (pemasangan wordpress, Joomla, Drupal dsb) dalam satu klik) Cloudfire CDN dsb

Dengan adanya Cpanel ini sangat membantu bebagai blogger dan website developer di dunia untuk membuat konten website yang berkualitas, mudah dan juga murah. Cpanel sendiri ini berbayar. Namun tidak usah cemas ini sudah termasuk dalam biaya hosting yang anda gunakan. Pesaing Cpanel sendiri ada banyak namun Cpanel lah yang paling sering dipakai.